Mantan Diskominfo Kepri Sebut Kepri Smart Province Percepat Pembangunan Kepri

Ahad, 4 Maret 2018 14:34 WIB
13x Headline Tanjungpinang

TANJUNGPINANG - Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Kepulauan Riau membangun rencana induk "Kepri Smart Province" untuk mempercepat pembangunan di wilayah itu secara efisien dan efektif.

Kepala Diskominfo Kepri, Guntur Sakti, di Tanjungpinang, Senin, mengatakan, pemanfaatan digital untuk menjawab kebutuhan pemerintah daerah saat ini dan di masa mendatang.

Ia menambahkan, penggunaan sistem berbasis digital di era milenial menjadi keharusan untuk meningkatkan kinerja pemerintahan.

"Sistem pelayanan berbasis digital diterapkan dalam "Kepri Smart Province" untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan pemerintah. Ada tiga fasilitas utama dan satu fasilitas penunjang yang kami bangun secara bertahap dalam sistem itu," katanya.

Ia menambahkan, fasilitas utama yang dibangun bertahap tahun ini berhubungan dengan keterbukaan pemerintah dalam melaksanakan kegiatan yang telah direncanakan, terutama dalam meningkatkan pelayanan secara transparan.

Kedua, terkait video konferensi yang dapat terkoneksi dengan pemerintah daerah lainnya yang memiliki jaringan internet dan aplikasi yang dibutuhkan. Sistem yang dibangun ini akan mempermudah Pemerintah Kepri berkomunikasi dengan masyarakat dan pemerintah di daerah lainnya.

Sistem ini dibutuhkan untuk penyelenggaraan pemerintahan secara efisien dan efektif, terutama berkomunikasi dengan pemerintah daerah perbatasan seperti Natuna dan Kepulauan Anambas, yang jaraknya paling jauh dari pusat pemerintahan Kepri.

"Jadi tidak perlu lagi ke Natuna dan Anambas. Untuk hal tertentu cukup dengan komunikasi melalui video konferensi," ujarnya.

Guntur mengemukakan, sistem utama yang ketiga berhubungan dengan sistem promosi potensi daerah, yang tidak perlu lagi melalui brosur. "Cukup dengan aplikasi yang dibangun secara terintegrasi, dapat menjadi sarana promosi," ucapnya.

Sarana lainnya yang akan dibangun pada sistem "Kepri Smart Province" merupakan sarana penunjang dalam meningkatkan kemampuan para pemuda-pemuda yang memiliki skill dalam membuat aplikasi yang bermanfaat bagi kepentingan publik dan pemerintah.

"Ini sebagai bentuk kepedulian pemda terhadap para generasi muda, terutama yang memiliki kemampuan dalam memanfaatkan sarana digital,* katanya.

"Kepri Smart Province" berpusat di sekitar Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kepri.(asikk1)

Sumber:http://kominfo.kepriprov.go.id/index.php?page=detail&rowid=363