Bersama Pihak Provinsi, Pemda Lingga Adakan Rapat Persiapan MTQ VII 2018

Kamis, 19 Oktober 2017 20:34 WIB
8x Lingga

Lingga, Keprisatu.com – Pemerintah Kabupaten Lingga bersama Bagian Kesra provinsi Kepri mengadakan persiapan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) VII tingkat provinsi Kepri yang akan digelar pada Mei 2018 mendatang. Rapat ini membahas tentang pembagian tugas, wewenang dan tanggungjawab antara panitia provinsi Kepri dengan panitia penyelenggara di daerah dimana diketahui kali ini Kabupaten Lingga menjadi tuan rumah penyelenggaraan ajang dua tahunan ini.

Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar yang memimpin mengatakan untuk pusat perlombaan MTQ Ke VII di adakan di Kecamatan Singkep Pesisir. Persiapan Astaka utama dan berbagai persiapan lainnya sudah mulai disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Kepri.

“Tapi, nanti kita minta sebagian cabang lomba digelar di Daik. Seperti Khattil Quran dan Musabaqah Makalah Ilmiah Quran bisa dilaksanakan di Daik,” kata dia, Kamis (19/10).

Kegiatan ini nantinya akan melibatkan beberapa OPD terkait salah satunya pihak Perhubungan Lingga. Sedangkan pada malam ta’aruf, pemkab Lingga sudah mempersiapkan berbagai tampilan ciri khas Bunda Tanah Melayu yang nantinya akan menjadi tanggung jawab Dinas Kebudayaan Kabupaten.

Dia mengingatkan kepada OPD yang terlibat agar usulan anggaran MTQ di tiap OPD jangan samlai tidak diusulkan.

“Terkait dengan transportasi agar Dinas Perhubungan menginventarisir jumlah kendaraan yang layak pakai untuk operasional nanti. Jika kurang, cepat koordinasikan dengan pihak Provinsi untuk dicarikan solusinya. Kemudian untuk malam ta’aruf menjadi tanggungjawab Dinas Kebudayaan. Kita minta diperhatikan betul detail kegiatannya,” harap dia.

Wabup juga meminta Kabag Kesra Setda Lingga untuk berkoordinasi dengan Camat Pesisir terkait lokasi refreshing atau penyegaran peserta MTQ. Sebab melihat potensi lokasi Astaka yang berdekatan dengan pantai.

“Tolong rancang kegiatan yang menarik untuk penyegaran para kafilah.  Seperti tarik tambang atau permainan rakyat untuk lebih meningkatkan rasa keakraban sesama kafilah,” pesan dia.

Sementara perwakilan Bagian Kesra provinsi Kepri Mahadi Rahman mengatakan, kegiatan ini nantinya akan dikemas dengan baik sehingga tidak ada tumpang tindih antara satu kegiatan dengan kegiatan lainnya.

Dari Gubernur juga meminta agar kegiatan tersebut berjalan sukses sebagaimana yang diharapkan. Utuk itu diharapkan pelaksanaan MTQ ini tidak memberatkan pemkab Lingga sehingga dibutuhkan kerjasama semua pihak.

“Jangan sampai ada tumpang tindih anggaran. Jadi harus saling koordinasi,” jelas Mahadi.

Untuk penyelenggaraan MTQ 2018 ini, dia sampaikan akan ada penambahan cabang kegiatan lomba. Namun keputusan itu masih menunggu keputusan LPTQ Pusat.