Kades Bakong Diminta Gantikan Dana yang Dipakai Berdukun

Kamis, 31 Agustus 2017 17:53 WIB
62x Headline Berita Kriminal Lingga Pemerintahan Keprisatu

Lingga, Keprisatu.com - Kepala Desa Bakong, Sapiuddin diminta menggantikan uang sebesar Rp 215 juta dari Dana Desa (DD) Bakong yang digunakan untuk keperluan berdukun. Jika tidak dilakukan, Sapiudin akan ikut terjerat hukuman karena menggunakan DD untuk kepentingan pribadi.

Kasat Reskrim Polres Lingga AKP Suharnoko memastikan Kades Bakong menggantikan sejumlah uang tersebut. Kades kata dia harus bertanggungjawab untuk mengembalikan dana desa yang sudah digunakan untuk dukun.

"Kalau tidak diganti Kades turut dikenakan hukuman,” ujar Suharnoko kepada, Rabu (30/8) kemarin.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Kepala Desa Bakong, Sapiudin mengaku telah dihipnotis oleh dukun bernama Ronny Piter. Akhirnya, Sapiudin menggunakan dana desa sebesar Rp 215 juta dan diberikan secara berangsur hingga beberapa kali.

Kasus ini terbongkar setelah Sapiuddin sang Kades tidak mendapat penjelasan penggantian dana yang telah digunakan oleh Ronny Piter untuk sejumlah ritual yang dilakukan. Hingga akhirnya kasus ini dipolisikan.

"Sebelumnya, dukun itu berjanji akan mengembalikan dana tersebut dengan berlipat ganda,” ujar Suharnoko.

Surharnoko juga mengaku akan mengawal kasus ini, hingga proses penggantian DD selesai sesuai dengan jumlah yang digunakan. (BP)