Ranperda Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan Beserta Anggota DPRD Lingga Disetujui Jadi Perda

Kamis, 27 Juli 2017 23:07 WIB
57x Featured Headline Berita Lingga Pemerintahan Keprisatu

Lingga, Keprisatu.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Pemerintah Kabupaten Lingga mengesahkan rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif DPRD tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD Lingga menjadi Perda. Pengesahan dilakukan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Lingga tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Lingga Riono, Kamis (27/07).

Dalam laporannya juru bicara Panitia Khusus (Pansus) gabungan Komisi DPRD Lingga, H Ambok T Syamsirwan menyebutkan, Ranperda prakarsa DPRD ini berdasarkan Peraturan yang telah ditujukan untuk meningkatkan tunjangan unsur pimpinan dan anggota dewan. 

Dikatakan dia, sebelum Ranperda ini disahkan, DPRD Lingga sudah membentuk Panitia Khusus (Pansus) yang terdiri dari seluruh perwakilan fraksi yang ada dan kemudian ditugaskan untuk mengkaji, membahas dan mencari referensi terkait dalam rangka penguatan dalam penyusunan Ranperda ini.

Karena itulah, kata H Ambok, beberapa tahapan sudah dilakukan. Salah satunya adalah dengan melakukan kunjungan kerja sekaligus konsultasi ke Kementerian Dalam Negeri.

"Berdasarkan Peraturan Mendagri besaran tunjangan ditetapkan berdasarkan standar dan harga sewa rumah dan untuk transportasi berdasarkan Peraturan Bupati. Kedua hal tersebut tidak boleh melebihi tunjangan pimpinan dan anggota dewan Provinsi," kata H Ambok dalam laporannya. 

Sementara itu, Wakil Bupati Lingga M Nizar yang hadir di paripurna itu menyampaikan dengan disahkannya Ranperda ini, diharapkan Nizar bisa memberikan penguatan peran dari kelembagaan DPRD baik pimpinan dan anggota dalam mengemban amanah rakyat. 

"Tentunya dengan pengesahan ini diharapkan bisa meningkatkan kinerja teman-teman DPRD Lingga melakukan fungsi dan kewenangan DPRD dalam melaksanakan kinerja sebagai wakil rakyat. Namun harus tetap memperhatikan kondisi keuangan kita," kata Nizar. (***)