Peran Keluarga Sangat Penting Bagi Pendidikan Anak

Selasa, 25 Juli 2017 23:32 WIB
8x Berita Lingga Nasional Pendidikan

Lingga, keprisatu.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Lingga mensosialisasikan pemberdayaan pendidikan keluarga kepada satuan pendidikan yang ada di Kabupaten Lingga di Aula Kantor Bupati Lingga. Sosialisasi tersebut merupakan tindak lanjut kesepakatan Menteri Pendidikan dengan Dinas Pendidikan Lingga, Selasa (25/07).

Ketua panitia penyelenggara sosialisasi sekaligus sekretaris Disdik Lingga, Said Ibrahim mengatakan sosialisasi ini merupakan tindak lanjut kesepakatan Menteri Pendidikan guna menyelenggarakan bimtek dan sosialisasi pemberdayaan pendidikan keluarga, pada satuan pendidikan.

"Sosialisasi dan bimtek  menghadirkan nara sumber dari Direktorat kementrian Pendidikan," ujar dia, Selasa (25/07).

Disampaikannya sasaran sosialisasi ini merupakan peserta dari kepala satuan pendidikan mulai dari  PAUD, SD, SMP,  Dewan Pendidikan Kabupaten Lingga dan PKBM. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Dirjen Paud dan Penmas Kementrian Pendidikan Nasional dengan Disdik Kabupaten Lingga.

Sementara, Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Dirjen Paud dan Penmas Kementrian Pendidikan Nasional, Sugianto yang hadir menjelaskan pemberdayaan pendidikan keluarga bertujuan agar keluarga meningkatkan perannya, memperkuat kasihnya pendidikan di seluruh Indonesia.

" Lingga salah satu Pilot Project pendidikan keluarga, di seluruh Indonesia. Diharapkan,  kerjasama terjalin, perlu sampaikan pada pak Bupati, mengundang istri bupati dan wali kota pemahaman pendidikan keluarga,"ujarnya.

Menurutnya, beberapa program pendidikan keluarga yakni
Program parenting atau kelas untuk orang tua di sekolah dua kali setahun. Sekolah inspirasi. Program pameran karya dan pentas karya anak-anak  yang berkreasi.

"Program pendukung yang perlu ditunjang dinas. Anak anak yg berlatar seni. Untuk  program penguatan pendidikan karakter anak,"ujarnya.

Sosialisasi tersebut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga H Kasiman, Dewan pendidikan Lingga H Maznun, PKBM, pengawas sekolah serta kepala sekolah SD, dan SMP di Lingga dan ratusan peserta lainnya.