Dishub Lingga Siap Antisipasi Lonjakan Arus Mudik Tahun Ini

Kamis, 15 Juni 2017 03:27 WIB
12x Berita Lingga Pemerintahan Keprisatu

Lingga (Keprisatu.com) – Dinas Perhubungan Lingga, siap lakukan antisipasi terhadap lonjakan arus mudik saat memasuki lebaran Idul Fitri 1438 H. Kesiapan tersebut, telah dirapatkan dengan sejumlah pihak terkait, baik kepolisian, Syahbandar maupun oparetor angkutan kapal dan angkutan orang yakni pihak Trans Lingga Jaya sebagai jasa angkutan darat yang siap antar jemput penumpang di pelabuhan Sungai Tenam, Daik Lingga.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Lingga, Yusrizal mengatakan pihaknya telah melakukan rapat bersama dengan sejumlah pihak yang terkait penanganan arus mudik lebaran.

“Menjelang padatnya arus mudik, kita telah melakukan rapat bersama terkait ini,” kata Yusrizal, ketika dikonfirmasi via handphone di Daik Lingga, Kamis (15/06).

Dia katakan saat untuk Dishub Lingga juga telah melakukan koordinasi untuk penambahan armada kapal untuk pelayanan Tanjungpinang-Benan-Rejai-Tanjung Kelit-Sungai Tenam-Pulon-Jagoh-Tanjung Buton, Daik Lingga.

“Nanti kapal Lingga Permai juga dalam beberapa hari kedepan mulai aktif. Jadi untuk pelayanan ini ada tiga kapal yakni arena 2 dan 3 ditambah Lingga Permai,” terangnya.

Tidak menutup kemungkinan dia sampaikan pihak kapal akan menambahkan trip jasa jika lonjakan penumpang mudik tahun ini meningkat.

Selain itu, mengingat instruksi pemerintah pusat dalam persiapan posko mudik akan dipersiapkan pada H-7 lebaran. Penempatan posko dilakukan disejumlah titik pelabuhan reguler.

“Kalau dipelabuhan Pancur, itu prediksinya tidak begitu ramai karena kebanyakan orang sudah memilih di pelabuhan Sungai Tenam. Tapi itu juga disiapkan dari pihak kecamatan,” lanjut dia.

Untuk itu dia mengimbau kepada penumpang jangan terlalu ambisi dan memaksakan diri jika tidak kebagian tiket. Pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk kenyamanan dan keselamatan pemudik.

“Yang jelas bagi yang tidak ada kebagian tiket mungkin bisa ke Batam, ikut RoRo karena trip RoRo sudah empat kali melayani dalam satu Minggu,” teranh d

Selain itu dia juga meminta jangan sampai ada kapal yang melebihi kapasitas dalam arus mudik lebaran tahun ini. Hal ini agar memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran.

Sementara terkait kepengurusan calon pemudik diharapkan juga setiap organisasi daerah atau organisasi masyarakat perantau yang terbentuk seperti di kota Tanjung pinang dapat berpartisipasi dan berkoordinasi dalam pelayanan pemudik.

“Kita menugaskan anggota diluar daerah tapi kita harapkan juga setiap persatuan masyarakat Singkep atau Lingga misalkan dapat berkoordinasi membantu kami dalam pengurusan arus mudik. Jadi kita minta nanti mereka bisa jadi koordinator atau leader seperti dipelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang,” harap dia. (*)