Berburu Kopi Balang, Menyesap Cita Rasa Tempo Dulu

Selasa, 13 Juni 2017 03:30 WIB
35x Featured Berita Lingga Melayu Keprisatu

Lingga (Keprisatu.com) – Bagi penikmat kopi, bila berkunjung ke Lingga rasanya tidak lengkap tanpa mencicipi nikmatnya “Kopi Balang” yang dikenal di Kota Daik. Kedai Kopi Balang menjadi salah satu kedai kopi yang wajib disambangi. Kebanyakan orang menyebutkan Kopi Balang Kopinya orang Lingga, penasaran bukan bagaimana nikmatnya varian kopi ini ?.

Di sisi ruas jalan yang menghubungkan Kampung legendaris dikota Daik, tepatnya di Kampung Bugis. Kita bisa menjumpai sebuah warung kopi dengan brand nama Kedai Kopi Balang, Cita Rasa Tempo Dulu.

Disusun meja petak beralas marmer dengan kursi-kursi koboi, Kedai Kopi ini menyajikan varian kopi khas tersendiri. Keunikan cita rasanya membuat penikmat Kopi Balang seakan menjadi pelanggan tetap yang semakin meningkat. Bukan soal kecanduan, namun memang benar nikmatnya cita rasa Kopi Balang bisa membuat betah mengkonsumsinya berulang-ulang.

Racikan biji kopi asli yang digiling dengan konsep-konsep tempo dulu dengan sedikit tambahan rasa, seperti daun pandan yang mempunyai khasiat dalam mengairahkan kenikmatan rasa maupun menetralkan hal-hal yang bersifat racun. Kopi Balang, varian kopi yang tidak bisa ditemukan ditempat lainya selain di Kedai Kopi Balang sendiri. Ciri khas ini menjadikan Kopi Balang, Kopi yang fenomenal di daratan Lingga.

Pemilik Kedai Kopi Balang, Dali mengatakan ide kreatif bisnis Kopi muncul sejak dari lama. Bagaimana mengkreasikan hal yang sederhana namun mempunyai nilai jual. Dia yang dibesarkan dengan giat membesut manajemen bisnis berhasil mengelola Kedai Kopi Balang dengan omset yang lumayan. Referensi dari racikan Kopi Balang, digali dari bakat dan kebiasaan turun-temurun membuahkan hasil.

“Jadi saya ingin merubah hal yang dipandang sederhana namun mempunyai nilai jual,” kata dia.

Nuansa berbeda dapat dirasakan dari hubungan kekeluargaan penikmat kopi yang tanpa sekat strata sosial. Satu sama lain membaur dalam satu rasa tempo dulu. Selain itu posisinya yang berada disisi jalan membuat suasana ngopi santai semakin tidak membosankan.

Bukan itu saja, sajian ala tempo dulu juga tampak membaur dengan nama Kopi Balang. Disajikan dengan “Balang” beralas lekar dengan empat buah cangkir yang dihiasi dengan biskuit khas Lingga yakni kue bangkit, cukup mengantar penikmat kopi mencapai puncak nikmatnya ngopi.

Tampilan yang beragam dengan harga yang bersahabat relatif murah, kedai Kopi Balang juga menyajikan pelayanan yang ramah. Keutamaan kenyamanan pelanggan menjadi prioritas Kedai Kopi Balang. Salah satunya sistem antar pesanan yang siap saji perbalang yang dibandrol dengan harga Rp 20.000 untuk jenis kopi susu dan harga Rp 15.000 untuk kopi hitam. Sementara, kedai Kopi Balang juga menyediakan bonus setiap pembelian 8 atau 10 balang kopi.

“Kita tetap berupaya kenyamanan pelanggan menjadi prioritas kita,” ungkap Dali.

Berburu Kopi Balang, dengan menyesap cita rasa tempo dulu dapat dilihat dari lonjakan pengunjung kopi Balang. Dibulan puasa ini saja, Kedai Kopi Balang sampai kehabisan stok kursi, sebab sangking banyaknya peminat Kopi Balang.

Masih penasaran bagaimana nikmatnya “Kopi Balang” ? Silahkan mencoba. Untuk wilayah kota Daik, dapat menggunakan jasa antar dengan menghubungi nomor +6282174987380. (*)