Gubernur Kepri Diminta Serius Bangun Desa Tertinggal

Jumat, 26 Mei 2017 15:54 WIB
8x Pemerintahan Tanjungpinang

TANJUNGPINANG - Berdasarkan data Indeks Desa Membangun (IDM) yang disusun tim Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal desa tertinggal di Kepri jumlahnya relatif  banyak dan ini diharapkan menjadi perhatian serius Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun. Dari IDM tersebut Propinsi Kepulauan Riau mendapatkan indeks 0,559 dan dari angka indeks tersebut ada 28 desa dikategorikan sangat tertinggal, 187 desa dikategorikan tertinggal, 54 desa kategori berkembang, 5 desa dikategorikan mandiri dari total 272 desa yang ada.

Hal itu seperting diungkapkan pendiri pusat studi perbatasan dan desa (Pustakades) dan Direktur Gurindam Research Centre Raja Dachroni. Menurutnya, pemerintah sebelum merencanakan pembangunan di desa atau apapun perlu melihat IDM. Dilihat dari data diatas Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun diminta serius dan bekerja ekstra membangun desa. 

"Indeks Desa Membangun merupakan komposit dari ketahanan sosial, ekonomi
dan ekologi. IDM didasarkan pada 3 (tiga) dimensi tersebut dan dikembangkan lebih
lanjut dalam 22 Variabel dan 52 indikator. Klasifikasi desa menurut Permendes No 2 Tahun 2016 tentang IDM ada lima desa mandiri, desa maju, desa berkembang, desa tertinggal dan desa sangat tertinggal. Dilihat dari indeks tersebut Kepri mendapatk angka indeks 0,559 artinya ada cukup banyak desa tertinggal dari data IDM tersebut hanya 5 desa yang dikategorikan desa mandiri," jelas Dachroni

Ditambahkannya, sesuai dengan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia No 2 Tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun (IDM) maka sudah seharusnya Pemerintah Pusat bekerjasama dengan pemerintah daerah merancang dan mengeksekusi riset tentang indeks desa membangun karena dengan indeks tersebut pemerintah akan bisa memetakan potensi desa dan membangun desa. Aktifitas riset IDM merupakan hal yang wajib jika pemerintah memang serius membangun desa.

Nilai rata-rata nasional Indeks Desa Membangun 0,566 klasifikasi
status Desa ditetapkan dengan ambang batas, Desa Sangat Tertinggal  < 0,491,  Desa Tertinggal  > 0,491 dan < 0,599,  Desa Berkembang 0,599 dan < 0,707,  Desa Maju  > 0,707 dan < 0,815 dan  Desa Mandiri > 0,815

"Jika kita perhatikan UU Desa No 6 Tahun 2014 atau UU 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah maka Pemerintah Propinsi memiliki tugas pembinaan dan pengawasan. Nah kita berharap Gubernur Kepri Nurdin Basirun bisa berkoordinasi dengan bupati dan kepala desa untuk bersama-sama membangun desa agar semua desa di Kepulauan Riau menuju desa mandiri," tutup Raja Dachroni.