Lingga Bangun Stand Bentuk Tengkolok Pada STQ Ke VII Kepri

Jumat, 5 Mei 2017 20:34 WIB
25x Featured Berita Lingga Melayu Pemerintahan Keprisatu

Lingga (Keprisatu.com) – Sempena partisipasi Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) VII Provinsi Kepri yang digelar dilaman Engku Putri pemerintah kota Batam, Kabupaten Lingga menampilkan bangunan stand bazar berbentuk tengkolok. Stand yang lazim menyerupai tanjak Melayu tersebut berhasil menyedot pengunjung diawal pembukaam pegelaran siar islam ini oleh ketua TP PKK Provinsi Hj Nurliza Basirun.

Tidak hanya bentuknya yang unik, menarik dengan bentuk ornamen tanjak yang terbuat dari susunan kayu, stand ini juga menampilkan beragam handycraf atau kerajinan khas Lingga hasil olahan tangan ibu-ibu PKK Kabupaten Lingga. Selain itu pameran ini juga menyuguhkan kerajinan sulam yang mempunya nilai sejarah tidak terlupakan. Sebut saja tudung manto khas kerajaan melayu Lingga-Riau yang lumrahnya dipakai kaum perempuan di zaman kesultanan yang disulam di rumah tenun Kampung Mentok, Daik Lingga.

Selain itu, pada bazar ini Kabupaten Lingga juga menghadirkan kuliner khas berbahan dasar sagu dari Lingga, seperti lakse, bolu rendam, lambok, ketupat sambal lengkong, sambal putih, serta kue tirai. Alhasil, ragam makanan khas itu berhasil menarik pengunjung mencicipi.

Ketua TP PKK Lingga Hj Heryulita Wello, pada kesempatan itu membenarkan pernyataan ini. Dia katakan dari apa yang ditampilkan di stand bazar Lingga merupakan kekhasan Lingga sebagai Bunda Tanah Melayu yang kaya dengan sejarah dan alamnya. Tidak lari dari tujuan, semua ini dilakukan dan ditampilkan adalah untuk lebih jauh memperkenalkan dikalangan masyarakat Kepri.

Seperti kuliner khas dari Lingga yang merupakan ciri khas makanan melayu yang unik dan menarik, dengan harapan pada STQ ini, semua jenis produk tersebut semakin dikenal masyarakat luas.

“Sekaligus juga untuk dipromosikan. Terutama yang paling menarik itu tudung Manto,” imbuhnya.

Sebelumnya pada rangkaian acara pawai ta’aruf STQ VII Provinsi Kepri kalau ini Kabupaten Lingga menampilkan replika tugu agrominapolitan. Hal ini membuktikan, salah satu usaha pengembangan daerah yang tengah digalakkan Lingga dibidang pertanian.

Diluar itu, Lingga juga telah siap menampilkan belasan peserta yang siap bersaing dalam kompetisi islam ini. Tidak ada target dalam kompetisi, namun diharapkan setiap peserta dapat memberikan yang terbaik atas nama Kabupaten Lingga. (***)

Sumber