Pemda Wacanakan Perhatian dan Reward Kepada Atlet

Sabtu, 11 Februari 2017 16:17 WIB
8x Featured Berita Lingga Olahraga Pemerintahan Suara-pelajar Keprisatu

Lingga, Keprisatu.com - Pemerintah Kabupaten Lingga melalui Diparpora bagian Pemuda dan Olaharaga berencana akan memberikan reward dan beberapa bantuan lain kepada atlet yang berprestasi dibidang olahraga terlebih bagi atlet yang mampu mengaharumkan nama daerah. Pasalnya mengingat sejauh ini sejumlah prestasi atlet yang telah menorehkan nama baik daerah minim perhatian atau terabaikan.

Seperti sejumlah atlet cabang atletik yang telah menobatkan Kabupaten Lingga sebagai juara umum pada POPDA VI Kepri 2016 dulu di kota Batam. Dengan perolehan 9 medali emas, 7 medali perak, dan 7 medali perunggu, sebanyak 24 atlet cabang atletik ini mampu bersaing dengan 6 Kabupaten Kota lainnya di Kepri. Tak hanya itu Provinsi Kepri juga telah memakai jasa mereka dalam perhelatan olahraga tingkat Nasional.

Belakangan memang mereka para atlet yang telah mengharumkan nama daerah dan sekolah minim perhatian. Apa yang mereka terima hari ini tidak sebanding apa yang mereka lakukan tempo dulu buat daerah. 

Meski begitu, mereka tetap giat berlatih dan terus mengembangkan semangat. Padahal jika melihat kondisi sesungguhnya tidak ada sarana olahraga yang memadai untuk mereka berlatih. Lokasi sekolah SMPN 1 Singkep Pesisir yang selama ini menjadi tempat berlatih hanya menyediakan fasilitas lapangan alam berpasir dan bahu jalan sebagai sarana latihan. 

Dari pengakuan Rustam, pelatih cabang atletik untuk sepasang kostum lengkap dengan jeket dan sepatu, para atlet tersebut harus merogoh saku sendiri. Sebagian besar dari mereka bukanlah lahir dan1 berasal dari keluarga yang mampu. Mereka tampil cukup sederhana, hanya kesabaran dan rasa cinta terhadap daerah yang membuat mereka ikhlas membela dan mengharumkan nama Kabupaten Lingga serta Provinsi Kepri sampai ke tingkat nasional.

“Walaupun dengan sarana seadanya seperti yang kita lihat ini, tapi anak-anak yang berlatih ini rata-rata juara. Ada satu anak yang sudah beberapa kali meraih mendali emas. Bahkan satu anak lagi sudah sampai ke tingkat Nasional,” kata Rustam.

Menanggapi hal tersebut, Kabid Pora Kabupaten Lingga, Safaruddin yang menyempatkan diri mengunjungi lokasi sekolah dan latihan atlet tersebut menyadari kekurangan dan kelemahan daerah memelihara mental para atlet berprestasi selama ini. Untuk itu, setelah kunjungan ini dia merasa yakin mampu merubah kelemahan itu meskipun harus secara bertahap. 

Walau dulu ada tersemat kekecewaan, namun dia berharap kehadirannya ke lokasi latihan para atlet ini mampu memberikan semangat dan mendorong mereka untuk lebih giat berlatih guna meraih pundi pundi emas pada perhelatan POPDA VII Kepri 2017 yang akan digelar di Kabupaten Lingga sendiri. Sebagaimana diketahui Kabupaten Lingga siap ditunjuk sebagai tuan rumah POPDA Ke VII tingkat provinsi Kepri.

"Marilah kita sama-sama besinergi untuk memajukan bidang olahraga kedepan,” katanya saat bertemu dan berdiskusi langsung dengan para atlet Lingga cabor atletik ini.

Dengan misi Kabupaten Lingga menuju Lingga Terbilang 2020, dia akan membawa olahraga sebagai salah satu yang diunggulkan di Kabupaten Lingga. Dia katakan kepada atlet yang berprestasi, Pemerintah Kebupaten Lingga sudah merencanakan pemberian reward dan perhatian khusus dari Pemerintahan Lingga.

Perhatian tersebut berupa tunjangan kepada pelatih, membantu biaya pendidikan atlet dan bea siswa saat masuk perguruan tinggi. Menurutnya kedepan Pemerintah daerah tidak hanya sekedar berjanji namun akan segera mewujudkan apa yang sedang di rencanakan saat ini kepada atlet dan pelatih olahraga di Kabupaten Lingga.

"Dalam waktu dekat ini mereka akan kita supor dengan makanan yang bergizi, kostum olahraga dan juga sepatu untuk latihan," ungkapnya. (KS/arp/Terbilang)

Sumber

Sumber

Sumber