Dihantam Puting Beliung, Balai Calistung Selat Konky Roboh

Kamis, 18 Agustus 2016 18:13 WIB
5x Featured Headline Berita Lingga Pendidikan Pemerintahan Keprisatu

LINGGA, Keprisatu.com - Densy Diaz, salah satu aktifis yang selama ini telah berperan banyak dalam menangani masalah calistung suku KAT mengaku kebingungan. Sebab, balai tempat diadakan kegiatan belajar mengajar yang berdiri di dusun Selat Konky desa Penaah, Kecamatan Senayang roboh dihantam puting beliung beberapa hari lalu. 

Musibah ini, lantas menjadi kesedihan yang mendalam bagi para aktifis. Namun mereka yakin, masih banyak cara lain agar kegiatan tetap berlangsung, tentunya berproses. Tidak menutup kemungkinan juga Densy Dias, dkk berharap agar pemerintah terkait ikut andil mencarikan solusi guna tegaknya kembali balai tempat mereka mengajar tersebut.

"Beberapa hari yang lalu terkena angin ribut, sehingga balai-balai tempat kami belajar rusak dan roboh, sampai sekarang belum ada perbaikan. Kalau rumah disekitar tidak, cuma ada beberapa atap yang rusak saja, terus, plantar agak nya patah-patah," ungkapnya Diaz, Kamis (18/8).

Saat ini, dengan ambruknya balai tersebut sejumlah aktifis yang tergabung dalam pemberantasan buta aksara di wilayah tersebut terpaksa meliburkan aktitifas, dikarenakan tidak adanya tempat lain yang mumpuni untuk dilangsungkan kegiatan. Namun, selaku aktifis pihaknya akan berupaya keras agar kegiatan tersebut bisa berjalan secepatnya.

"Semoga cepat ada perbaikan, karna kalau lama dibiarkan, kasihan anak-anak dan orang-orang tua yang mau belajar, terkendala," harapnya.

Pantauan lapangan memang beberapa hari lalu kondisi cuaca di Kabupaten Lingga kurang baik. Kerap terjadi badai menjelang pagi. Cuaca ektrim ini, sangat berdampak pada pesisir Lingga dimana warga yang bermukim ditepi laut. Untuk itu, tiap warga yang bermukim ditepi pantai untuk kerap waspada guna menghindari bahaya.