554 Napi Dapat Remisi, 23 Diantara Dapat RU II

Kamis, 18 Agustus 2016 02:32 WIB
57x Featured Headline Berita Batam Keprisatu

BATAM, Keprisatu.com - Sebanyak 554 dari 1.387 orang warga binaan Lambaga Pemasyarakatan Negara Barelang Kota Batam memperoleh remisi umum HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 tahun 2016.

"Untuk Lapas Batam yang mendapat remisi 554 orang warga binaan dengan perincian remisi umum (RU) I sebanyak 531 orang dan RU II (langsung bebas) sebanyak 23 orang," kata Kepala Lapas Barelang Kota Batam, Marlik Subiyanto di Batam, Rabu.

Dari 23 orang yang mendapat RU II baru 13 orang yang langsung bebas, sementara untuk 10 orang lainnya masih terkendala dengan denda subsidier yang hingga saat ini belum bisa dipenuhi.

Marlik mengatakan warga binaan yang mendapat remisi tersebut tidak hanya yang berada di Lapas Batam saja, namun juga ada dari tahanan anak sebanyak 27 orang, 2 diantaranya langsung bebas, dari tahanan Rutan Batam sebanyak 336 orang.

Ia berharap warga binaan yang bebas dapat kembali lagi ke masyarakat dan tidak mengulangi perbuatan melanggar hukum sehingga harus kembali menjadi tahanan.

"Saya berharap mereka akan bisa menyesuaikan diri dan tidak mengulangi perbuataanya. Selama menjalani pembinaan juga sudah dibekali dengan berbagai keahlian sebagai bekal agar bisa bekerja," kata Marlik.

Lapas Barelang sendiri saat ini menampung 1.387 orang warga binaan terdiri dari tahanan pria 1.314 dan tahanan wanita 73 orang. Diantaranya terdapat tahanan pidana mati 8 orang dan pidana seumur hidup sebanyak 11 orang.

Warga binaan tersebut, kata dia, mendapatkan pembinaan serta dibekali dengan kemampuan dalam bidang perkebunan, pertanian serta kerajinan mebel.

"Ini semua diharapkan dapat megasah kreativitas para warga binaan dan dapat bermanfaat saat mereka keluar kembali ke masyarakat nantinya," kata dia.

Sebelumnya, pada Rabu pagi, warga binaan dan pegawai di Lapas dan Rutan Batam juga melakukan upacara Peringatan Kemerdekaan RI ke-71 di Lapas Batam. (Red / Antara)