KPU Bintan Jelaskan Tak Punya KTP, Tak Dapat Milih

Rabu, 2 September 2015 15:12 WIB
4x Bintan

BINTAN, keprisatu.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bintan telah menjadwalkan memplenokan hasil rekapitulasi daftar pemilih sementara (DPS) setiap Kecamatan yang ada diwilayah Bintan pada Rabu (2/9). Dari data yang diterima pihak KPU Bintan, jumlah pemilih pada Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) Bintan mengalami penurunan.

Apalagi dalam peraturan terbaru di KPU mengenai persyaratan bagi calon pemilih wajib mengantongi Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli Bintan. Meskipun sudah lama tinggal di Bintan, namun bila tidak mengantongi KTP Bintan, dipastikan hak suara warga tersebut tidak ada di Pilkada Bintan.

Berbeda pada saat pemilihan Presiden lalu, warga negara yang sudah mengantongi identitas seperti KTP diperkenankan untuk memilih di tempat pemungutan suara (TPS) dimanapun. Namun, pada Pilkada serentak kali ini, memang wajib bagi warga yang berhak menyalurkan hak suaranya harus mempunyai KTP setempat.

Hal ini dilakukan, mengingat angka warga pendatang dari luar daerah Bintan cukup tinggi terutama untuk dikawasan industri seperti di Lobam dan Lagoi. "Warga yang bisa milih, adalah warga yang berdomisili di Bintan dan memiliki KTP Bintan," tutur Wandra.