Sukhri Fahrial Menilai Dispenda Kepri Belum Transparan Kelola Pajak

Kamis, 25 Juni 2015 07:54 WIB
28x Tanjungpinang

Tanjungpinang, keprisatu.com - Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kepulauan Riau belum transparan dalam mengelola pajak dan retribusi, kata Ketua Fraksi Hati Nurani Rakyat (Hanura) Plus DPRD Kepri Sukhri Fahrial.

"Masih belum transparannya dinas pemungut memberikan data kepada pihak legislatif sehingga bisa menghambat proses pengawasan kepatuhan pembayaran pajak dan retribusi dari para wajib pajak yang tidak taat asas dalam pembayarannya," ujarnya dalam rapat paripurna tanggapan fraksi terhadap laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2014 di Kantor DPRD Kepri, Rabu.

Sukhri mengungkapkan berbagai persoalan yang menyebabkan pendapatan daerah yang bersumber dari pajak dan retribusi.

Dia menilai koordinasi antardinas terkait pelaksanaan Perda tentang Pajak dan Retribusi masih kurang sehingga mengakibatkan kehilangan potensi pendapatan daerah.

Pihak yang berwenang belum menerapkan sanksi yang tegas dalam menghadapi wajib pajak dan retribusi yang nakal dengan menggunakan hak eksekusi terhadap wajib pajak yang yang nakal.

"Masih belum jelas data para penunggak pajak dan retribusi sehingga tidak ada upaya untuk penagihannya. Masih ada beberapa dinas pemungut yang kurang mampu melaksanakan tugas dengan baik," ujarnya.

Sukhri menjelaskan realisasi pendapatan asli daerah tahun 2014 mencapai 92,36 persen atau Rp2,9 triliun. Fraksi Hanura Plus memberi apresiasi yang tinggi atas kerja keras pihak eksekutif.

"Kami berharap pemerintah meningkatkan kinerjanya," katanya.

Sekretaris Daerah Kepri Robert Iwan L memberi jawaban atas tanggapan fraksi-fraksi terkait laporan pertanggungjawaban penggunaan APBD 2014. Terkait pernyataan Fraksi Hanura Plus, Robert mengatakan seluruh instansi yang berhubungan dengan pajak dan retribusi bekerja secara koordinatif dan transparan.

"Tidak mungkin ini hanya bisa dilaksanakan oleh satu instansi. Tetapi bagaimana pun kami ucapkan terima kasih atas saran dan kritikan yang disampaikan seluruh fraksi," ujarnya.ANT