Penambahan Anggaran Pilkada Anambas Rp.4,25 M Dilaksanakan Pada APBD-P

Rabu, 8 April 2015 14:43 WIB
37x Anambas

Anambas, keprisatu.com - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Anambas mengatakan, penambahan anggaran untuk Pemilihan Kepala Daerah dilaksanakan pada APBD-P setelah mendapat kucuran dana sebesar Rp4,25 miliar.

Sebelumnya, KPU Anambas mengajukan anggaran sebesar Rp10,078 miliar. Anggaran sebanyak itu untuk pembiayaaan setiap tahapan pilkada seperti, biaya untuk penyelenggaraan Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan lainnya.

Ketua KPU Anambas, Syukrillah SE saat berbincang-bincang bersama wartawan akhir pekan kemarin mengaku sempat cemas dalam melaksanakan Pilkada 2015 khawatir terhenti di tengah jalan.

Dijelaskannya, pemerintah daerah berjanji akan mengakomodir kekurangan itu pada APBD-P, namun pihaknya menginginkan adanya suatu bentuk perjanjian secara tertulis soal penambahan anggaran tersebut. Dia juga kwatir penambahan tersebut nanti sesuai dengan kemampuan daerah saja.

"Jika kemampuan daerah hanya bisa menambah hanya Rp1 miliar, jadi gimana ?", katanya.

Di bagian lain Komisioner KPU Anambas Jufri Budi juga mengatakan hal hal yang sama.

"Dana yang dianggarkan Pemkab Anambas pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pada 2015, belum cukup untuk biaya pelaksanaan Pilkada,” ucap Komisioner KPU Anambas, Jufri Budi.

Jufri menjelaskan bahwa, dana yang mereka ajukan itu sesuai dengan item pelaksanaan Pilkada Anambas. Pihaknya akan melakukan tahapan sesuai peraturan dan jadwal yang ditetapkan yang tinggal menunggu peraturan dari Komisi Pemilihan Umum.ANT